Sambut Harganas XXVII BKKBN Gandeng DMI Siarkan Pendidikan Kependudukan dan Kesejahteraan Keluarga Melalui Khotbah Jum’at

Surabaya (11 Juni 2020) –  Dalam Rangka menyambut Hari Keluarga Nasional XXVII Tahun 2020 ini, Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur melakukan Audiensi Ke Pengurus Dewan Masjid Indonesia cabang Jawa Timur. Dalam kegiatan yang dilakukan pada Hari Rabu, 10 Juni 2020 itu  Rombongan Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur diterima secara langsung oleh Ketua PW DMI Jawa Timur, Bapak Drs. KH. Muhammad Roziqi, M.M., M.B.A bersama jajaran pengurusnya.

Selain dalam rangka Shilaturahmi Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur, Drs Sukaryo Teguh Santoso, M.Pd yang baru memasuki bulan Ke-4 menjabat di Jawa Timur dan Memperkuat kembali kerja sama antara BKKBN dan DMI, kegiatan audiensi ini adalah untuk meminta dukungan DMI dalam menyambut Hari Keluarga Nasional XXVII.

Pada kesempatan tersebut Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur berharap keberadaan BKKBN semakin dirasakan oleh masayarakat dengan adanya kerjasama bersam DMI Ini. “Keberadaan BKKBN Sudah hampir 50 tahun, kehadiran program KB sudah bisa dirasakan oleh masyarakat,  dalam waktu 3 (tiga) bulan terakhir dengan adanya pandemi corona membuat pencapaian program BKKBN terganggu. Angka Drop Out KB Terus Meningkat, angka keinginan Ber KB turun bukan karena masyarakat tidak inging ber KB tetapi takut keluar rumah karena takut terpapar virus Corona, Kita  bukanya melarang untuk hamil tetapi khawatir adanya kehamilan yang tidak diinginkan yang tidak direncanakan bagaimanapun kita ingin di Jawa Timur Bayi Yang lahir adalah bayi yang sehat tidak ada kematian baik bagi ibu dan bayi” pungkas Pak Teguh sapaan akrab Kepala Perwakilan BKKBN Jawa Timur tersebut.

Pak Teguh menambahkan Dalam Rangka Persiapan Hari Keluarga Nasional XVIII tahun 2020 ini yang berlangsung di tengah pandemi Covid-19, BKKBN Juga mengarahkan kepada kegiatan yang lebih bermanfaat bagi masyarakat dalam pencegahan Covid-19. “ Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, pada tahun 2020 ini BKKBN tidak akan mengadakan ceremonial yang besar dalam merayakan Hari keluarga Nasional, kami akan melakukan Bhakti Sosial Khususnya Pelayanan KB dengan semangat kami adalah Pelayanan KB Sejuta Akseptor secara nasional”. Selain itu BKKBN Juga akan melakukan sosialisasi kepada Para Remaja melalui Insan GenRe  “Pada Tanggal 29 Juni nanti wadah kesatuan Remaja Kami (GenRe) juga akan melakukan bhakti sosial yang sasaranya para remaja dengan melakukan sosialisasi dan pembagian masker di 3 (tiga) titik yang berbeda, dan kami arahkan agar kegiatan tersebut dapat berkolaborasi dengan remaja masjid binaan DMI, dimana salah satu titiknya adalah di  masjid Al-Akbar Surabaya”  Pungkasnya.

Sebagai bentuk dukungan untuk mensukseskan kegiatan Hari Keluarga Nasional tersebut, Pak Teguh berharap DMI Jawa Timur dapat menyiarkan dakwah tentang Pendidikan Kependudukan dan Kesejahteraan Keluarga kepada masyarakat melalui khotbah Sholat Jum’at serentak di seluruh Jawa Timur sebelum perayaan Hari Keluarga Nasional XVIII. “Kami  berharap ada semacam khotbah jumat dengan tema keluarga, harapan nya pada tanggal 26 atau di minggu-minggu menjelang puncak perayaan Hari Keluarga Nasional semua masjid di Jawa Timur bisa membaca khotbah Jum’at yang sudah distandarisasi oleh DMI, dengan bahasa apapun, baik Madura, Jawa, Bahasa Suroboyoan, dll dengan tujuan menyampaikan pesan pesan tentang kesejahteraan keluarga” Ungkap Bapak Sukaryo Teguh.

Jajaran Pengurus DMI Jawa Timur menyambut baik gagasan kerjasama tersebut, melalui Ketua PW DMI Jawa Timur Bapak Drs. KH. Muhammad Roziqi, M.M., M.B.A menyampaikan bahwa kerjasama yang telah terjalin dengan baik antara BKKBN dengan DMI Jawa Timur terus ditingkatkan dan melalui forum diskusi seperti ini dapat bersinergi dalam membuat agenda yang lebih bermanfaat terutana bagi umat dan jamaat dan mendukung gagasan bhakti sosial serta kegiatan dakwah kesejahteraan keluarga melalui khotbah Jum’at. “ Kami mendukung agar seluruh masjid di Jawa Timur melakukan khotbah Jum’at dengan tema Keluarga Sejahtera untuk menyambut perayaan hari Keluarga Nasional”

Pada kesempatan itu BKKBN juga menyerahkan buku panduan khotbah Jum’at dengan tema Kependudukan dan Kesejahteraan Keluarga yang diharapkan dapat dijadikan rujukan untuk penyampaian khotbah . “ Kami sudah memberikan buku khotbah ini ke seluruh Ketua DMI tingkat Cabang di Kabupaten dan Kota di Jawa Timur, harapanya agar dapat digunakan untuk penyampaian pendidikan kependudukan melalui dakwah” pungkas Fonny Indri Hartanti, S.Psi, M.Psi 4 Kasubbid Kerjasama Pendidikan Kependudukan BKKBN Jawa Timur. DMI Jawa Timur sendiri menyambut baik adanya buku panduan khotbah Jum’at tersebut. “ Kami menyambut baik adanya buku panduan dakwah tersebut, meskipun referensi kami sudah banyak,  nanti akan kami perlajari bersama dan bila banyak materi yang bagus bagian biro dakwah akan membagikan kepada seluruh Masjid di bawah binaan DMI di seleuruh Jawa Timur” Pungkas Bapak Roziqi Ketua PW DMI Jawa Timur. Perlu diketahui jumlah masjid di Jawa Timur saat ini hampir mencapai 43 (empat puluh tiga) ribu.

Dalam kegiatan ini, BKKBN Jawa Timur juga meminta testimoni dari Ketua PW DMI untuk ucapan selamat hari keluarga Nasional XVIII diharapkan melalui audiensi ini DMI dapat membantu mensosialisasikan program Bangga Kencana kepada masyarakat di seluruh penjuru Jawa Timur lewat khotbah sholat jumat di masjid-masjid menjelang Hari Keluarga Nasional nanti (humas)