Seluruh SMP dan SMU/SMK di Bangkalan Miliki PIK Remaja

Seluruh SMP dan SMU/SMK di Bangkalan Miliki PIK Remaja

Patut diacungi jempol, dalam dua tahun belakangan ini di Bangkalan  lahir 78 PIK Remaja. Prestasi luar biasa ini diungkap Pembina PIK Remaja Kabupaten Bangkalan Drs. M. Zaini dalam acara Konsolidasi PIK Remaja dan Ajang Kreativitas Genre 2011 di HotelGrand Trawas, Mojokerto (8/11).

Menurut Zaini, keberhasilan tersebut tidak lepas dari dukungan semua pihak, utamanya Ibu-ibu PKK yang dengan tekun keluar masuk sekolah di Bangkalan guna memberikan kontribusi advokasi dan penyuluhan serta membidani lahirnya PIK Remaja.

”Potensi PKK sangat luar biasa, dengan dukungan Diknas kami dan PKK bisa leluasa masuk sekolah dan mendapat dukungan penuh” ujar Zaini. ”Jadi kalau kita melihat ada Ibu-ibu PKK masuk sekolah di Bangakalan, jangan heran, mereka sedang mengemban tugas membentuk PIK Remaja atau sedang memberikan penyuluhan” imbuhnya.

Dalam dua tahun belakangan tumbuh 63 PIK Remaja Sekolah SLTP dan selebihnya PIK Remaja SMU/SMK dan Mahasiswa. Dua tahun yang lalu di  Bangkalan hanya ada 31 PIK Remaja .

Untuk membina PIK Remaja dalam menjalankan tugas juga melibatkan Guru BP Sekolah yang bersangkutan juga ikut terjun didalamnya para PLKB dan PKB untuk memberikan materi. Dalam kegiatannya PIK Remaja Sekolah sering mengadakan diskusi untuk menambah wawasan  dalam bidang KKB.

Seperti diketahui PIK Remaja adalah suatu wadah program Penyiapan Kehidupan Berkeluarga Bagi Remaja (PKBR) yang dikelola dari, oleh dan untuk remaja dan mahasiswa guna memberikan pelayanan informasi dan konseling tentang kesehatan reproduksi serta kegiatan-kegiatan penunjang lainnya. Jadi PIK Remaja bertujuan memberikan informasi dan konseling terkait PKBR. Adapun sasaran dari PIK Remaja adalah remaja dan mahasiswa yang berusia 10 – 24 tahun dan belum menikah.

Menurut data di Perwakilan BKKBN Jawa Timur sampai bulan September 2011 jumlah PIK Remaja di Jatim ada 1502 terdiri dari PIK Remaja Tumbuh 1028, Tegak 323 dan Tegar 151. Adapun basis pengembangannya di sekolah umum/agama tumbuh 541, tegak 163, tegar 51 dan di PTN/PTS tumbuh 39, tegak 22 dan tegar 11 sedang pada organisasi keagamaan tumbuh 87, tegak 28 dan tegar 18 serta umum/LSM/organisasi pemuda tumbuh 361, tegak 110 dan tegar 71. (AT/humas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *