Seminar Kependudukan dan Pengukuhan UKM Kependudukan di Universitas Bojonegoro

Seminar Kependudukan dan Pengukuhan UKM Kependudukan di Universitas Bojonegoro

Dengan menurunnya angka fertilitas dan angka kematian, Indonesia pada umumnya dan Bojonegoro pada khususnya telah memasuki transisi demografi dimana momentum bonus demografi menciptakan jendela peluang/ windows of opportunity, perlu dipersiapkan oleh berbagai sektor terkait, terutama  dari sisi penyediaan lapangan kerja, banyaknya penduduk usia muda yang produktif menjadi faktor fundamental dalam meningkatkan pembangunan ekonomi negara. Bagaimana menyikapi dan memanfaatkan bonus demografi sebagai windows of opportunity menjadi suatu hal yang wajib menjadi perhatian kita bersama. Jika pemerintah dan bangsa ini gagal memanfaatkan bonus demografi dengan baik maka yang terjadi adalah kehancuran/ demographic disaster.

Namun kondisi window of opportunity dapat termanfaatkan secara maksimal demi kesejahteraan penduduk serta mendorong pembangunan di Indonesia apabila empat prasyarat terpenuhi. Empat prasyarat tersebut yaitu: penduduk harus berkualitas, penduduk usia produktif harus terserap dalam pasar kerja, meningkatnya tabungan di tingkat rumah tangga serta meningkatnya perempuan yang masuk dalam pasar kerja.

Sekaitan dengan hal tersebut, Badan PPKB selaku SKPD yang bertanggungjawab terhadap masalah Kependudukan bersama dengan para mitra kerja mencoba memberikan pemahaman lebih lanjut tentang pembangunan berkelanjutan yang berwawasan kependudukan kepada para pemuda yang merupakan generasi penerus dalam konsep pembangunan berkelanjutan.

Kegiatan tersebut dikemas dalam bentuk seminar dengan menghadirkan beberapa narasumber. Seminar ini merupakan salah satu bentuk KIE dan Advokasi bahwa isu-isu strategis kependudukan harus menjadi mainstream dari perencanaan dan pembangunan yang dilakukan oleh daerah, harus ada linkage antara penduduk sebagai objek dan subjek pembangunan (people centered development) dengan proses perencanaan dan pembangunan yang dilaksanakan.

4

Dalam acara ini juga dilakukan pengukuhan terhadap pengurus UKM Kependudukan Universitas Bojonegoro oleh Rektor.

Dalam sambutannya, dr. Hj. Anik yuliarsih, M.Si selaku Kepala Badan PPKB mengatakan bahwa seminar ini mengambil Tema “Urgensi Kependudukan Dalam Pembangunan Berkelanjutan”. Pada kesempatan ini dr. Anik juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Pengurus Koalisi Kependudukan Kabupaten Bojonegoro karena atas kerjasamanya sehingga Seminar ini dapat berjalan dengan baik.

Peserta yang hadir dalam seminar ini sebanyak 300 peserta yang berasal dari pelajar SMA sederajat, Mahasiswa, Organisasi Kepemudaan, Pramuka, KSR-PMI, SKPD terkait serta akademisi dan mitra kerja terkait. Narasumber dalam Seminar ini adalah Prof. Dr. Subagyo Adam, MS (Pengurus Koalisi Kependudukan Provinsi Jawa Timur), Taufik Daryanto, S.Psi, M.Sc (Kasubid Kerjasama Pendidikan Kependudukan Perwakilan BKKBN Prov. Jawa Timur) dan Bapak Tri Suwarno, SH, MM (Pengurus Koalisi Kependudukan Kabupaten Bojonegoro) serta Bapak Drs. H. Ihwanuddin, M.PdI menjadi moderator.

Semoga Alloh SWT senantiasa meridhoi segenap langkah dan ikhtiar kita demi kesejahteraan masyarakat Bojonegoro.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *