SOSIALISASI REVITALISASI PROGRAM KB BAGI KEPALA DESA SE-JAWA TIMUR

SOSIALISASI REVITALISASI PROGRAM KB BAGI KEPALA DESA SE-JAWA TIMUR

 

 “Seluruh jajaran pemerintahan agar menyukseskan Revitalisasi Program Keluarga Berencana. Kepada para Gubernur, Bupati, Walikota dan semua pemimpin pemerintahan agar tampil di depan untuk menyukseskan program in (program KB)” .

Hal tersebut merupakan petikan dari pidato presiden dalam Peringatan Hari Keluarga Nasional ke-14 tahun 2007 di Ambon. Dari hal tersebut tersirat mengenai pentingnya program KB terhadap kepentingan bangsa sekaligus mengingatkan kembali kepada seluruh komponen bangsa bahwa program KB adalah tanggung jawab bersama mulai dari pemerintah pusat sampai di tingkat lini lapangan. Program KB yang dicanangkan pada tahun 70’an diakui adalah hasil dari Orde Baru, dimana dalam era reformasi hampir semua hasil kerja Orde baru dianggap kurang baik, tidak terkecuali program KB meskipun dunia melalui lembaga Internasional banyak memberikan apresiasi terhadap keberhasilan program tersebut. Menilik hal tersebut Presiden kembali menegaskan dalam setiap kesempatan bahwa; program KB adalah program yang pro rakyat dalam mensukseskan program pembangunan masyarakat Indonesia yang sejahtera.

Arahan presiden tentang revitalisasi Program KB, Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jawa Timur kembali menggeliatkan program KB dengan mempererat kemitraan dengan seluruh komponen bangsa, mulai dari Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama hingga Aparat Pemerintahan di tingkat lini lapangan yang salah satunya adalah Kepala Desa. Hal tersebut di implementasikan dalam sebuah kegiatan yang bertema Sosialisasi Revitalisasi Program KB Bagi Kepala Desa se-Jawa Timur.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Kesepakatan Kerjasama antara BKKB Provinsi Jawa Timur dengan Asosiasi Kepala Desa (AKD) Provinsi Jawa Timur yang ditanda tangani pada tanggal 5 April 2010 lalu. BKKBN Provinsi Jawa Timur melalui Balai Pelatihan dan Pengembangan KB Nasional Provinsi Jawa Timur (BALATBANG KBN) menyelenggarakan kegiatan sosialisasi ini  selama 2 (dua) hari yaitu pada tanggal 07 sampai dengan 08 Mei 2010 diBalatbang KBN Jawa Timur Jl.Kalibokor Timur No.1 Surabaya.

 Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala BKKBN Propinsi Jawa Timur Bapak Drs.Muhammad Is,MM; sekaligus membuka secara resmi kegiatan tersebut. Dalam kegiatan yang juga dihadiri oleh pejabat Eselon III dan IV di lingkungan BKKBN Propinsi Jawa Timur antara lain, Kepala Balai Pelatihan dan Pengembangan KB Nasional (Balatbang KBN) Provinsi Jawa Timur selaku pelaksana program; Bapak Siswanto, SH,MM; Kasie Institusi Masyarakat Pedesaan(IMP); Dra. Nuzulianti Rahayu.

Dalam sambutannya pada acara pembukaan kegiatan tersebut, Kepala BKKBN Provinsi Jawa Timur menegaskan  tujuan dilaksanakannya kegiatan Sosialisasi Revitalisasi Program KB Bagi Kepala Desa Se-Jawa Timur tersebut adalah Memberikan wawasan revitalisasi program KB kepada para kepala desa,; Menggalang komitmen dengan institusi pembangunan desa melalui pemerintahan desa, meluaskan jejaring kemitraan dalam pelayanan KB dan peningkatan kesejahteraan melalui pemberdayaan keluarga di pedesaan melalui Musrenbang yang dikendalikan oleh pemerintahan desa.

Pada kesempatan ini pula Ka. Balatbang KBN Jawa Timur menegaskan kembali komitmennya untuk menjadi bidang penunjang yang bersama dengan bidang mission untuk bersama dan bergandengan tangan untuk memenuhi target KKP tahun 2010 sesuai dengan tugas pokok masing-masing bidang pada umumnya sekaligus mewujudkan visi Balatbang KBN Propinsi Jawa Timur “Menjadikan SDM Kependudukan dan KB Yang Unggul dan Kompetitif “. iy-mel(latbang)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *