TAMBAH KADER KB LAKI-LAKI

TAMBAH KADER KB LAKI-LAKI

Surabaya – Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga Berencana (Bapemas & KB) Surabaya terus menambah jumlah kader KB yang akan ditempatkan di seluruh pelosok kelurahan. Kader KB laki-laki pun jadi bidikan untuk disebarkan hingga ke rukun tetangga (RT).

Kepala Bidang Keluarga Berencana an Keluarga Sejahtera Bapemas Snae Stefanus mengatakan, jumlah kader KB di wilayah Surabaya masih sangat kurang. Saat ini Bapemas dan KB masih punya 1.571 kader. Mereka merupakan relawan KB yang ditempatkan di tiap RW.” Sekarang ini di tiap RW hanya ada dua kader KB’” sebutnya.

Ke depan, lanjut Stefanus, dengan perekrutan kader KB, diharapkan setiap RT di kota Surabaya memiliki kader KB sendiri. Kader KB di RT akan menyosialisasikan program KB ke setiap dasawisma.

Kader KB merupakan ujung tombak keberhasilan program KB di Surabaya. Mereka melakukan tugas pendampingan terhadap para pengguna KB, memberikan konseling dan pengayoman aseptor KB kala mengalami komplikasi akibat penggunaan KB,” papar stefanus.

Kader KB tak hanya perempuan, tapi juga laki-laki. Namun, jumlahnya cukup kecil. “kami akan meningkatkan jumlah kader KB laki-laki,” paparnya.

Hal itu dimaksudkan agar peserta KB laki-laki juga semakin bertambah. Dengan demikian, citra bahwa tanggung jawab KB dimiliki perempuan bisa diubah. Laki-laki juga turut bertanggung jawab atas keberhasilan program KB. (upi/c2/roz)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *