Temu Kerja Regional Jawa Timur

Temu Kerja Regional Jawa Timur

Malang,

Bertempat di Hotel  Gajah Mada Malang dari tanggal 27 s/d 30 Juli 2010 telah dilaksanakan Temu Kerja Regional Sistem Informasi Kependudukan dan Keluarga PKBN bagi Kepala Unit Pengelola Data dan Informasi SKPD KB Kabupaten/Kota Provinsi Bali, Lampung, Kalbar, Jabar dan Jawa Tengah.

Dalam sambutan pembukaan Deputi IKPK yang di wakili oleh Direktur pemaduan kebijakan program Ibu Ir. Ambar Rahayu MNS, mengatakan tujuan umum pertemuan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman, sikap dan ketrampilan peserta tentang pentingnya Sistem Informasi Kependudukan dan Keluarga Program KB dalam proses penetapan kebijakan dan perencanaan operasional program KB Nasional, mulai dari tingkat pusat sampai dengan tingkat lini lapangan.

Kegiatan ini dihadiri ± 140 orang peserta dari 5 Provinsi demikian sebagian dari laporan ketua penyelenggara Bapak Drs. R. Charles Panjaitan. Apt,  turut memberi sambutan Walikota Malang yang diwakili oleh Bapak Ir. Bachtiar Ismail, MM Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Malang, dalam sambutannya beliau menyambut baik dan berterima kasih atas kepercayaan Kota Malang menjadi tempat penyelenggaraan temu kerja regional ini. Pada kesempatan itu Bapak Bachtiar turut memperkenalkan kota malang yang memiliki Visi “TERWUJUDNYA KOTA MALANG SEBAGAI KOTA PENDIDIKAN YANG BERKUALITAS, KOTA SEHAT DAN RAMAH LINGKUNGAN, KOTA PARIWISATA YANG BERBUDAYA, MENUJU MASYARAKAT YANG MAJU DAN MANDIRI”, sembari mempersilahkan para peserta untuk menikmati indahnya kota malang.

Kepala BKKBN Prov. Jatim Drs. H. Muhammad Is, MM dalam sambutannyapun senada dengan sambutan Walikota Malang, karena merasa bangga  dan terima kasih kepada BKKBN Pusat dimana BKKBN Provinsi Jawa Timur dipercayakan menjadi Tuan Rumah penyelenggaraan Temu Kerja Regional SIDUGA PKBN. Kepada peserta yang datangpun diharapkan dapat mengikuti seluruh rangkaian acara yang sudah disiapkan dengan rasa nyaman dan aman, sehingga materi yang disajikan dapat benar-benar di pahami sehingga memberi kontibusi yang signifikan dalam penerapannya di daerah masing-masing.

Acara demi acara berjalan dengan baik aman dan tertib, sehingga baik para nara sumber maupun peserta dapat tercipta suasana yang kondusif, aktif dan tentunya pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan kopetensi bagi pengelola data dan informasi pada SKPD – KB di tingkat kabupaten kota, demikian pula dalam sambutan Deputi IKPK Bapak Drs.Pristy Waluyo pada acara penutupan, beliau menekankan betapa pentingnya peranan data dalam menunjang keberlangsungan program KB di masa mendatang. Di contohkan oleh Bapak Deputi bahwa saat ini kita sedang menantikan data hasil sensus penduduk tahun 2010, keakurasian data sangatlah penting karena sangat besar pengaruhnya terhadap pengambilan keputusan dan pengambilan kebijaksanaan dalam pembangunan nasional secara umum dan intervensi program KB secara khusus.

Acara diakhiri dengan selingan lagu yang mengiringi peserta meninggalkan tempat pertemuan yang dilanjutkan perjalanan pulang ke daerah masing-masing. (rr)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *