Temu Saka Kencana 2016, Peserta Diajak Menjadi Generasi Emas Berencana

Temu Saka Kencana 2016, Peserta Diajak Menjadi Generasi Emas Berencana

BKKBN Jatim – Bertempat di YONIF 521/DY Kota Kediri, para penegak BANTARA se-Jawa Timur dan mantan peserta Peran Saka Tingkat Nasional 2015 mengikuti Temu Saka Kencana Jawa Timur 2016.

Pada pembukaan kegiatan, Selasa (23/02), Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur Ir.Dwi Listyawardani, M.Sc, Dip.Com menjelaskan esensi Generasi Berencana menuju generasi emas. Dimana dimana didalam generasi emas ada 5 point yang bisa dicapai meliputi : 1. Pendidikan Setinggi Mungkin 2. Pekerjaan Kompetitif 3. Pola Hidup Sehat Bebas Narkoba 4. Menikah Terencana 5. Aktif di Masyarakat.

Ia juga mengajak peserta untuk tidak menikah muda dan menghindari triad KRR (Seks bebas, narkoba serta menikah dini). Ia menekankan usia minimal ideal menikah bagi perempuan adalah 21 tahun dan bagi laki-laki adalah 25 tahun.

Dalam kesempatan tersebut, peserta juga bisa berdialog langsung dengan para narasumber yakni Wakil Walikota Kediri, Wakil Ketua Kwarda Jawa Timur serta Kepala Perwakilan BKKBN Jatim.

Lalu, dalam kesempatan yang sama pula, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur juga menyerahkan beberapa bantuan dari BKKBN kepada Saka Kencana. Diantaranya, paket pin talent dan paket sablon mug yang bisa bermanfaat bagi media pembelajaran para anggota saka kencana.

Bertemakan “Melalui Saka Kencana Kita Wujudkan Generasi Emas”, kegiatan diadakan mulai 23 s/d 26 Februari 2016.  Selama kegiatan, para peserta mendapatkan pembekalan materi yang sangat bermanfaat. Diantaranya, Generasi Berencana Menuju Generasi Emas, Motivation Achievement, Pencapaian SKK, Krida Kependudukan, Krida Kespro, Krida Genre, Krida Ketahanan serta tertimoni pengelolaan Saka Kencana Kab.Tulungagung.

Selain itu, peserta juga akan melakukan Penempuhan SKK.saat melakukan penempuhan SKK, setiap tim diperkenankan menyusun strategi dalam mengatur/membagi waktu untuk penempuhan SKK. Setiap tim harus menyelesaikan tugas di tiap-tiap pos TKK dan pos game. Lalu, akan dipilih tiga tim dengan perolehan poin tertinggi dari total penempuhan pos TKK dan pos game. Diharapkan, setelah menempuh SKK, para saka kencana akan mendapatkan TKK
Sumber: Bidang ADPIN BKKBN Jatim

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *