Tiga Lemak Pembantu Fungsi Tubuh

Tiga Lemak Pembantu Fungsi Tubuh

ASAM lemak omega-3 sangat berfungsi selama kehamilan. Studi-studi sudah menunjukkan bahwa asam lemak omega-3, khususnya docosahexaenoic acid (DHA), bisa menurunkan risiko depresi pada perempuan, membantu perkembangan daya lihat janin, dan mengatur pola tidur bayi yang baru lahir.

Omega-3 merupakan jenis asam lemak ganda tidak jenuh, lemak yang baik untuk kesehatan. Ada tiga tipe utama asam lemak esensial omega-3. Tubuh bisa menggunakan ketiga asam lemak omega-3 ini untuk membantu fungsi tubuh.
Eicosapentaenoic acid
(EPA): EPA pada umumnya terkandung dalam ikan dan minyak ikan. Docosahexanoic Acid (DHA): DHA sangat penting untuk tubuh dan bisa didapatkan dari ikan.

Alpha-Linolenic Acid ( ALA ): ALA bisa ditemukan pada sebagian besar biji-bijian, minyak sayur, dan sayuran hijau. Di dalam tubuh, ALA akan diubah menjadi EPA dan selanjutnya menjadi DHA.

Anjuran dalam diet Anda dianjurkan untuk mengonsumsi omega-3 secara teratur, bahkan saat sedang tidak hamil.

Selama kehamilan, Anda dianjurkan mengonsumsi paling tidak 250 mg asam lemak omega-3 setiap hari. Akan tetapi, minyak omega-3 khususnya sangat penting selama trimester terakhir. Dalam durasi ini, bayi Anda menggunakan omega-3 untuk membentuk hampir 70 persen dari sistem otaknya. Selain itu, sistem saraf bayi juga disempurnakan dalam trimester terakhir ini.

Manfaat omega-3 selama kehamilanOmegas-3 biasanya berperan penting dalam perkembangan dan pertumbuhan bayi dalam rahim. Omega-3 membantu untuk:

Bangun otak. Janin bergantung pada suplai DHA orangtua untuk mengembangkan otak. Janin mendapatkan DHA dari plasenta dan selanjutnya melalui air susu ibu. DHA merupakan bahan pembangun jaringan otak dan khususnya tersedia dalam jumlah besar di grey matter otak. Bentuk retina. DHA juga bermanfaat mendukung perkembangan retina dan menguatkan fungsi visual. Dalam sebuah studi, peneliti mengikuti perkembangan 70 orang ibu dan bayi mereka dari usia empat hingga delapan bulan. Peneliti mengukur ketajaman visual dan kemampuan kognitif visual dengan menunjukkan gambar bayi dan mengukur reaksi. Hasil menunjukkan, bayi yang lahir dari ibu dengan kadar DHA tinggi memiliki keterampilan visual yang lebih tinggi. Kembangkan sistem saraf. DHA dinyatakan meningkatkan kemampuan belajar dan fungsi kognitif anak.

Dukung perkembangan jantung dan sistem pernafasan bayi. Penelitian menunjukkan bhawa EPA penting dalam mendukung perkembangan jantung dan sistem pernafasan janin serta bayi . Mengonsumsi asam lemak omega-3 selama kehamilan juga terbukti bisa membantu ibu dan bayi dalam jangka panjang. Studi-studi baru-baru ini dilakukan pada bayi yang terpapar omega-3 dosis cukup selama dalam kandungan.

Bayi-bayi ini menunjukkan tingkat perhatian yang lebih panjang dan ketajaman visual yang lebih besar dibandingkan anak-anak yang tidak terpapar omega-3. Selain itu, perkembangan mereka juga dua bulan lebih cepat dibandingkan anak-anak yang tidak terpapar. Berikut beberapa manfaat lain dari omega-3: ·  Mengurangi kemungkinan gangguan perkembangan dan perilaku di usia selanjutnya. ·  Mengurangi kemungkinan kanker payudara dan kanker prostat.
Selain penting untuk kesehatan kehamilan, omega-3 juga berfungsi: Mengurangi kemungkinan mengalami preeclampsia. Preeclampsia merupakan penyakit yang ditandai dengan penambahan tekanan darah darah secara bertahap dan seringkali diikuti dengan pengeluaran protein melalui air seni dan pembengkakan berlebih pada kaki, tangan, serta wajah. Mengurangi risiko depresi setelah melahirkan. Meminimalkan kemungkinan melahirkan prematur.
Sumber omega-3
Omega-3 bisa ditemukan pada ikan dan produk minyak ikan. Omega-3 kadar tinggi biasanya terkandung dalam: ·  Oily fish, seperti makarel, ikan haring, dan salmon. ·  Suplemen minyak ikan omega-3. ·  Tuna segar atau beku.
Selain dari makanan di atas, omega-3 juga bisa diperoleh dari: ·  Makanan yang telah diperkaya dengan berbagai vitamin, seperti telur yang diperkaya omega-3, roti, dan jus. ·  Sayuran hijau ·  Canola oil, minyak biji bunga matahari, dan biji rami. ·  Kenari (*/OL-08)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *