TINGKATKAN KERJASAMA DENGAN MITRA, BKKBN JATIM KUNJUNGI FKM UNIVERSITAS JEMBER

Jember – Untuk menyukseskan program Bangga Kencana, Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur terus meningkatkan kerjasama dengan berbagai mitra, salah satunya dari Perguruan Tinggi baik Perguruan Tinggi Negeri maupun Perguruan Tinggi Swasta. Salah satu universitas yang sudah bekerjasama dengan BKKBN adalah Universitas  Jember, khususnya Fakultas Kesehatan Masyarakat.

Di tempat yang berbeda, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur, Sukaryo Teguh Santoso mengatakan Univesitas  Jember khususnya Fakultas Kesehatan Masyarakat banyak membantu sosialisasi program Bangga Kencana ke mahasiswa. Bahkan, banyak skripsi yang membahas tentang program Bangga Kencana beberapa tahun terakhir.

“Kerjasama ini harus terus ditingkatkan, apalagi sejak tahuh 2018 kemarin, Perwakilan BKKBN Jatim melalui Bidang Pelatihan dan Pengembangan (Latbang) juga telah menggandeng para akademisi untuk melakukan penelitian yang telah melahirkan puluhan jurnal baik Jurnal Nasional maupun Jurnal Internasional yang dikenal dengan nama Tim Analis Lanjut Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur“, kata Teguh.

Teguh menambahkan dari jurnal-jurnal yang telah dibuat oleh para peneliti dari berbagai universitas negeri ini, outputnya sangat bagus khususnya bagi program Bangga Kencana. Selain jurnal yang harus dipublish, juga menghasilkan poster yang sangat dibutuhkan oleh BKKBN serta policy brief yang menjadi bahan masukan bagi pemangku kebijakan dalam rangka mengambil keputusan terkait kependudukan.

Menindaklanjuti harapan Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi jawa Timur, Tim Latbang BKKBN Jatim yang mewakili adalah Totok Akbar Sriyudianto, Kasubid Program dan Kerjasama mendampingi tim Analis Lanjut yang terdiri dari Ali Imron dari Universitas Negeri Surabaya, Dimas Bagus C dari FKM Universitas  Jember, Udin Kurniawan Aziz dari Peneliti BKKBN Jatim dan Siska Prestiwati dari Ikatan Penulis KB berkunjung ke Fakultas FKM UNEJ.

“Kerjasama antara BKKBN dengan UNEJ terjalin mulai tahun 2018 lalu dalam kegiatan analis lanjut. Kemudian berlanjut ke analis lanjut tahun 2019 lalu dan bantuan penulisan karya ilmiah atau skripsi untuk lima orang mahasiswa FKM,” jelas totok kepada ketiga wakil dekan yang menerima kunjugan dari Tim Latbang dan Tim Anjut di Ruang Pertemuan FKM UNEJ, Kamis (17/09).

Di kegiatan yang berbeda, Koordinator Bidang Latbang Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur, Sukamto, SE., M.Si menambahkan pada tahun 2020, ada 4 mahasiswa yang berhasil mendapatkan bantuan karya ilmiah atau skipsi dan Dimas Bagus C yang mewakili FKM UNEJ dalam Tim Anjut 2020 yang tengah menyelesaikan jurnal bersama perwakilan dari UNESA dan dari Latbang BKKBN Jatim.

Wakil Dekan Bidang Akademik FKM UNEJ, Dr. Anita Dewi Prahastuti Sujoso, S.KM. M.Sc didampingi Wakil Dekan Bidang Keuangan, Pegawaian dan Sarpras FKM UNEJ Dr. Leersia Yusi Ratnawati, S.KM,.M.Kes dan Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Dewi Rokhmah, S.KM, M.Kes serta beberapa dosen mengungkapkan kebanggaan FKM UNEJ bisa menjadi mitra Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur.

“Kami berharap kerjasama ini bisa terus dan kami ingin ada MOU lagi antara Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur dengan FKM UNEJ agar kerjasama ini bisa menyukseskan program Bangga Kencana,’” kata Anita.

Anita menjelaskan ada beberapa prodi di FKM UNEJ ini yang bisa bekerjasama dengan beberapa bidang di BKKBN. Untuk itu, FKM UNEJ akan pro aktif untuk menjalin komunikasi agar kerjasama kedepan sesuai yang diharapkan.

Acara kunjungan ini diakhiri dengan presentasi terkait penelitian yang tengah dilakukan oleh Tim Anjut Ali Imron dari UNESA dan Dimas Bagus dari FM UNEJ yang membahas tentang Determinan yang Memengaruhi Perencanaan Berkeluarga bagi Remaja di Jawa Timur. (humas)