Anggota Komisi IX DPR RI Lucy Kurniasari Ungkapkan Pentingnya ber-KB di Masa Pandemi Pada Warga Asemrowo Surabaya

BKKBN Jatim – Hari ini (13/08), Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional  Provinsi Jawa Timur (BKKBN Jatim) bersama mitra kerjanya yakni Komisi IX DPR RI gelar sosialisasi Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) di Kelurahan Asemrowo Surabaya. Hadir dalam kegiatan, anggota Komisi IX DPR RI, Dra. Lucy Kurniasari, Kepala Perwakilan (Kaper) BKKBN Jatim, Drs. Sukaryo Teguh Santoso, M.Pd., Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat terkait pentingnya program KB di masa pandemi Covid-19.

Lucy dalam sambutannya menuturkan bahwa angka kehamilan di masa pandemi mengalami peningkatkan karena banyak masyarakat yang melakukan aktivitas baik bekerja ataupun belajar dari rumah. “Saya menghimbau agar ibu-ibu untuk menunda dulu kehamilan karena kehamilan di masa pandemi ini mahal bu. Bagi yang ingin kontrol Kesehatan di rumah sakit harus swab dulu, begitu juga yang mendampingi harus swab dulu. Bila nanti tidak tahan ya sebaiknya menggunakan alat kontrasepsi saja,” tambahnya.

Sementara itu, Pak teguh (sapaan akrab Kaper BKKBN Jatim) menjelaskan bahwa kegiatan sosialisasi Bersama Komisi IX DPR RI merupakan kegiatan rutin yang dilakukan untuk melihat dan memotret secara langsung dinamika kehidupan yang ada di masyarakat secara langsung, sekaligus menampung aspirasi dari masyarakat

Kemudian, dalam kesempatan ini, Ketua RW II Kelurahan Asemrowo yang sekaligus akseptor KB Pria turut memberikan testimoni sekaligus ajakan kepada warganya. “Saya sebagai kader akseptor KB Pria awalnya merasa khawatir bila ikut MOP nanti itu seperti dikebiri sehingga tidak memiliki keinginan untuk berhubungan. Tetapi, setelah konsultasi dengan koordinator KB dijelaskan seperti apa itu KB Pria saya memutuskan untuk ikut menggunakan KB Pria, saat ini Alhamdulillah aman dan saya bisa semakin harmonis hubungan keluarga,” pungkasnya. (Humas / Adpin)