BKKBN Jatim Menuju Wilayah Birokrasi Bersih Melayani

Surabaya (19/11/2021)-Tim Penilai Nasional Zona Integritas (ZI) Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) mengapresiasi inovasi-inovasi yang dilahirkan oleh Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur selama pandemi. Meskipun sosialisasi program Bangga Kencana tidak bisa dilakukan secara offline karena adanya Pandemi Covid-19 yang melanda, membuat Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur semakin kreatif dalam melahirkan inovasi pelayanan publik program Bangga Kencana dalam bentuk virtual yaitu melalui Website Siap Bahagia.com dan Sekolah Orang Tua Hebat.

Dalam sambutannya pada kegiatan Penilaian Nasional ZI WBBM oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia di ruang lestari Kantor Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur, Plt. Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur, Waluyo Ajeng Lukitowati, S.St, MM mengatakan agar program Bangga Kencana tetap dapat dijalankan dan bisa memenuhi target-target kinerja, pihaknya terus melakukan inovasi dan terobosan di masa Pandemi ini.

“Kami meluncurkan website siap bahagia.com dan Sekolah Orang Tua Hebat. Kedua inovasi pertama di Indonesia,” jelas perempuan yang biasa dipanggil Luki ini.

 

Luki menambahkan Provinsi Jawa Timur merupakan wilayah dengan jumlah penduduk nomor dua terbanyak di Indonesia setelah Provinsi Jawa Barat. Untuk itu, pihaknya terus melakukan sosialisasi program Bangga Kencana di Jawa Timur. Dengan jumlah penduduk Provinsi Jawa Timur sebanyak 40,67 juta jiwa merupakan tantangan mengingat selama pandemi angka drop out KB sempat mengalami kenaikan.

“Jumlah kasus covid terus mengalami penurunan, kami pun mulai melakukan kegiatan ke berbagai daerah tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat,” ungkap Luki.

Kegiatan pemasangan KB juga akan dilakukan di Kabupaten Blitar sebanyak 125 orang yang akan dilaksanakan hari Sabtu dan Minggu. Meskipun weekend, seluruh karyawan Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur dengah iklhas mendampingi dan melayani masyarakat.

Ditempat yang sama, Tim Penilai ZI WBBM, Tarcisius Bagus Putra Prasojo mengatakan dirinya beserta Ibu Desmawarti selalu ketua Tim Penilai Nasional ZI WBBM dan Ibu Nur Fadillah Al-Munawarrah selaku anggota Tim Penilai Nasional ZI WBBM saat ini sedang melakukan penilaian atau evaluasi terhadap penerapan Zona Integritas khususnya Wilayah Birokrasi Bersih Melayani dari kantor Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur.

“Untuk sementara sudah cukup baik layanan yang diberikan Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera (Pusyan Gatra) bahkan sudah melakukan inovasi berupa pengembangan website Siap Bahagia.com dalam rangka untuk tetap memberikan pelayanan di masa Pandemi,” kata Bagus.

Bagus juga menyarankan agar dilakukan peningkatan kembali untuk sarana dan prasarana yang ada. Tadi bersama tim penilai, dirinya melihat dan mengunjungi Pusyan Gatra yang saat itu ada layanan pemasangan kontrasepsi KB.  Agar lebih nyaman bagi masyarakat dalam menikmati layanan pemasangan alat kontrasepsi dan konsultasi di Pusyan Gatra tersebut.

“Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur merupakan tempat pertama yang kami kunjungi. Setelah dari sini, kami akan ke Jawa Tengah dan hasil penilaian ini baru kami serahkan ke Sidang Panel pada tanggal 10 Desember mendatang,” pungkasnya. (Humas)