BKKBN Jawa Timur Upayakan Tekan Munculnya Kembali Klaster Keluarga

KBRN, Surabaya: Menyikapi perkembangan pandemi Covid-19, Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Jawa Timur, Sukaryo Teguh Santoso, memberikan pesan kepada seluruh keluarga di Jawa Timur untuk bersama-sama menjalankan gaya hidup sehat.

Teguh menganjurkan bagi warga Jawa Timur untuk menangkal penyebaran Covid-19 dengan menjalankan protokol kesehatan 3M secara konsisten yakni rajin memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir serta menjaga jarak dengan menghindari kerumunan. Tidak hanya itu, perlu juga disertai dengan rajin berolahraga dan menjaga kondisi psikologis.

“Tetap waspada, jaga kesehatan diri dan harus selalu mentaati semua anjuran pemerintah dalam melawan wabah Covid-19. Jangan kemana-mana, stay at home, berdoa dan ikhtiar”, ungkap Teguh, Rabu (6/1/2021).

Dia menuturkan, bagi masyarakat yang ingin mendapat pelayanan seputar keluarga bisa mengakses situs BKKBN Jatim www.siapbahagia.com.

“Di laman tersebut masyarakat bisa bertanya apa saja terkait permasalahan keluarga, remaja dan lainnya. Didalam pelayanan itu ada tenaga profesional antara lain dokter dan psikolog.”ujar Teguh.

Sementara bagi suami istri yang dalam usia subur, Teguh berharap untuk terus menggunakan alat kontrasepsi yang sesuai. Dan sebaiknya bisa menunda kehamilan sampai pandemi selesai serta harus direncanakan dengan sebaik mungkin agar tidak terjadi resiko yang lebih panjang.

“Karena dikhawatirkan setelah pandemi akan banyak terjadi kelahiran yang tidak diinginkan. Kita berupaya melakukan pelayanan KB secara serentak dengan tagline sejuta akseptor,” tutupnya (ermina jaen- RRI)