GERAKAN RABU BERBAGI, BKKBN JATIM GELAR BAKSOS DAN SOSIALISASI DEMI MEMUTUS RANTAI PERSEBARAN COVID-19

Surabaya- Sebagai bentuk dukungan dalam upaya memutus rantai persebaran Covid-19 , BKKBN Perwakilan Provinsi Jawa Timur Terus Gelar Bakti Sosial dan Sosialisasi Ke masyarakat guna mengikuti anjuran dan maklumat pemerintah perihal pencegahan dan penyebaran Virus Corona. Melalui Gerakan “Rabu Berbagi” pada hari Rabu, 15 April 2020 ini jajaran ASN, Penyuluh KB dan seluruh Komponen Perwakilan BKKBN Baik di tingkat Provinsi dan di daerah untuk bergerak bersama dalam melakukan bakti sosial dan sosialisasi pencegahan Covid-19 kepada masyarakat. Sasaran utama dalam kegiatan ini adalah masyarakat umum yang terdampak dengan adanya Social Distancing yang menjadikan pendapatannya berkurang dan kelompok masyarakat yang rentan terhadap penularan Covid-19 seperti para Lansia.

 

Pembagian Bahan Kebutuhan Pokok dan Sosialisasi Pencegahan Covid-19 Melalui Mobil Unit Penerangan Keluarga Berencana Perwakilan BKKBN Jawa Timur terhadap Masyarakat Kota Surabaya dan sekitarnya

Di tingkat perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur, Kegiatan yang dilakukan setiap hari rabu ini, selain membagikan makanan dan bahan kebutuhan pokok melalui Mobil Unit Penerangan Keluarga Berencana, juga dilakukan sosialisasi kepada masyrakat agar mematuhi anjuran dan maklumat pemerintah untuk mencegah penyebaran Covid-19 dengan terus melakukan social distancing , menghindari kerumanan, menjaga jarak aman, dan mengurangi kegiatan di luar rumah terlebih dahulu serta tidak lupa untuk terus memakai masker dan menjaga kebersihan diri,. “Tidak hanya terhadap masyarakat yang terdampak wabah Covid-19 secara langsung saja tetapi juga masyarakat umum yang diberikan bantuan seperti Ojol, Tukang Becak, Orang-orang jompo, yatim piatu dan masyarakat lain yang terdampak dengan adanya social distancing ini” ungkap Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur, Bapak Drs. Sukaryo Teguh Santoso, M.Pd

Kegiatan Rabu Berbagi ini, juga dilakukan secara serentak di 38 Kabupaten/Kota di seluruh Provinsi Jawa Timur. Di Kabupaten Bondowoso, Penyuluh KB bersama Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Menggandeng Pemerintah Daerah Kabupaten Bondowoso untuk bersama-sama membagikan ratusan paket Sembako kepada para tukang becak di depan pintu keluar Pemkab Kabupaen Bondowoso. Sekretaris Daerah Kabupaten Bondowoso, Bapak Syaifullah seperti dikutip melalui warta berita Sonicmedia mengungkapkan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meringankan beban sesama yang membutuhkan bantuan di tengan wabah Covid-19. “Dengan nikmat yang diberikan oleh Allah SWT, rekan-rekan Penyuluh KB ini membangun kekuatan iman dengan menggalang dana untuk memberikan sembako kepada tukang becak, ini kebahagiaan bagi kami selaku Sekda, ternyata rekan-rekan penyuluh KB sudah jauh melangkah untuk melakukan hal terbaik bagi masyarakat” ungkapnya.

Pembaigian Sembako  diikuti KIE Individu kepada para lansia untuk mengurangi dampak penyebaran Covid-19 terhadap kelompok masyarakat rentan terdampak Virus Corona

Di Kabupaten Pasuruan, Kegiatan Gerakan Rabu Berbagi ini dilakukan dengan melakukan KIE Individu tentang pencegahan covid-19 bagi lansia, “Salah satu warga yang rentan terdampak oleh wabah Covid-19 ini adalah para lansia untuk itu pada gerakan ini kami fokus melakukan KIE secara Individu dengan menggunakan pendekatan intensif dari rumah ke rumah” Ungkap Firda Baihaq Penyuluh KB Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan. “Rabu berbagi merupakan salah satu kegiatan yang digalakkan oleh Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur dengan didukung oleh semua civitas termasuk penyuluh KB yang tersebar di seluruh kabupaten atau kota se-jawa timur senada dengan program Banggakencana, cerita penyuluh KB Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan tentang KIE individu pencegahan covid-19 kepada lansia dibarengi pembagian bingkisan Rabu Berbagi.

Diikuti juga oleh Ikatan Penyuluh KB (IPeKB) Kabupaten Banyuwangi dengan istilah “GERBUGI atau Gerakan Bersama Rabu Berbagi” melalui pembagian masker brand 2 Anak Cukup dan memberikan edukasi tentang kesertaan ber-KB dan himbauan untuk tidak putus pakai kontrasepsi kepada masyarakat ditengah pandemi global covid-19, ungkap Adam Arief, Penyuluh KB Kabupaten Banyuwangi.

 

“Kegiatan ini Didukung penuh oleh Dinas Sosial PP dan KB Kabupaten Banyuwangi dan dilakukan di 4 zona yang tersebar di seluruh Kabupaten Banyuwangi.

Hari ini, Rabu, 15 April 2020 pelaksanaan GERBUGI dilakukan di zona 1 dan 4. Titik pelaksanaan di Zona 1 dipusatkan di pintu masuk kabupaten Banyuwangi dari arah kabupaten Situbondo. Sedangkan zona 4 dilakukan di 3 titik yaitu Pintu Masuk Kabupaten Banyuwangi dari arah Kabupaten Jember, Pertigaan Telkom Kecamatan Glenmore, dan Pasar Kecamatan Genteng”, jelasnya.

GERBUGI Gerakan Rabu Pagi Bersama Penyuluh KB Kabupaten Banyuwangi

Sementara itu di Kabupaten Bojonegoro kegiatan Rabu Berbagi dilakukan dengan membagikan masker kepada masyarakat yang memiliki resiko tinggi terhadap penularan Covid-19 khususnya kepada para pekerja informal yang tetap melakukan aktivitas di luar rumah, diharapkan melalui pembagian masker tersebut dapat mengurangi potensi penyebaran Covid-19 di masyarakat sehingga masyarakat dapat beraktivitas dengan jauh lebih aman

Dampak Covid-19 ini sangat luas pada masyarakat, yang salah satunya berimplikasi pada sosial dan ekonomi masyarakat. Bapak Teguh Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur berharap semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat serta dapat menguatkan keberadaan Program BANGGAKENCANA dan Para Penyuluh KB di tengah-tengah masyarakat. “Kegiatan Rabu Berbagi ini merupakan Gerakan moral, suka rela, tanpa paksaan, dan disesuaikan dengan kemampuan masing-masing, yang pasti untuk mendapat Ridho Allah SWT dalam rangka meringankan beban masyarakat, saudara-saudara kita yang terkena dampak Covid-19”. (humas)